Puting Beliung

Tiga Rumah di Gunungkidul Hancur Diterjang Puting Beliung
Minggu, 23 Januari 2011 19:43:00
Rumah milik warga tertimpa pohon tumbang. (Foto : Bambang Purwanto)

WONOSARI (KRjogja.com) – Tiga rumah hancur, puluhan rusak berat terptimpa pohon tumbang akibat angin puting beliung menerjang Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Minggu (23/1). Meskipun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini tetapi kerugian akibat bencana tersebut diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Rumah warga yang hancur masing-masing yakni milik Mulyo Diharjo (70), Rakino (60) dan Karsakim (65), semuanya warga dari Dusun Prigi, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus. Dari ketiga rumah, tambahnya, terparah menimpa milik Mulyo Diharjo.

“Hampir seluruh genteng dan bagian atap rusak parah diobrak-abrik angin puting beliung yang menerjang kurang lebih sepuluh menit,” ungkap Supardi (45) warga setempat.

Kepala Kesbangpolinmas PB Gunungkidul Drs Kasiyo MM ketika dihubungi dalam kesempatan terpisah membenarkan kejadian tersebut. “Peristiwa itu berawal saat huujan deras diikuti angin kencang hingga membuat seluruh warga panik berhamburan keluar rumah. Sehingga meskipun berakibat sejumlah rumah rusak tetapi tidak menimbulkan korban,” katanya.

Atas kejadian itu pihaknya langsung menerjunkan tim operasional, bekerjasama dengan PMI Cabang Gunungkidul, Tagana dan relawan membantu para korban yang rumahnya rusak akibat diterjang puting beliung. “Bencana angin ini sudah kami laporkan kepada Plt Bupati Gunungkidul Hj Badingah,” terangnya. (Bmp)

Published by arijiopon

Earhtquake Observer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: