Ancaman Banjir

Ancaman Banjir Semakin Serius, Pemerintah Kebut Normalisasi Sungai
Minggu, 23 Januari 2011 19:05:00
Normalisasi sungai terus dilakukan. Foto: Istimewa (doc)

SLEMAN (KRjogja.com) – Proyek normalisasi sungai yang berhulu di Merapi, kini menjadi agenda utama pemerintah pusat. Sebanyak 81 alat berat kini dikerahkan supaya pengerjaan semakin cepat selesai.

Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU), Hermanto Dardak menjelaskan, sejauh ini baru 30 persen dari material yang masih menumpuk di lereng Merapi. “Totalnya kan ada 170 juta meter kubik material. Nah, kalau yang berkurang baru 30 persen, berarti saat ini kami kejar-kejaran dengan sisa material itu. Makanya, normalisasi sungai itu menjadi agenda utama dulu. Ada 81 alat berat yang kita turunkan. Pokoknya jangan kalah cepat dengan material itu,” jelasnya usai meresmikan jembatan Ngeblog, Wukirsari, Cangkringan, Minggu (23/1).

Sentral normalisasi tersebut, lanjut Hermanto, tidak hanya di Kali Putih saja, melainkan juga di setiap sungai berhulu Merapi. Sejauh ini, Kali Putih dan Kali Pabelan di Magelang memang masih menjadi langganan banjir lahar dingin. “Kan ada 15 sungai yang berhulu Merapi. Semuanya menjadi fokus untuk normalisasi tersebut. Makanya, jangan sampai air itu mengalir kemana-mana, harus kita arahkan untuk di jalurnya,” imbuhnya.

Selain itu, Kementrian PU kini juga fokus terhadap pembangunan jembatan yang rusak akibat banjir lahar dingin. Pihaknya sudah menyediakan dana sebesar Rp 20 miliar untuk perbaikan jembatan tersebut. “Kami sediakan dana Rp 20 miliar, tapi itu belum yang dari BNPB. Makanya, kita baru inventarisir ada 14 jembatan yang rusak. Secepatnya, ini akan kami atasi, karena menyangkut mobilitas warga,” jelas Hermanto.

Proyek pembangunan jembatan tersebut masih akan menunggu hasil kajian yang tengah dilakukan. Sebagian akan dibuat model jembatan balley, sedang yang lain jembatan darurat non permanen. (Dhi)

Published by arijiopon

Earhtquake Observer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: